Hadd Sariqah (Pencurian)

. Sariqah (pencurian) adalah mengambil harta orang lain dengan sembunyi-sembunyi dari tempat yg semestinya. pengambilan harta selain pada definisi sariqoh di atas tidak terkategorikan sariqoh, misal mengambil uang yg berserakan di jalanan umum, mengambil jam tangan atau dompet yg tertinggal olh pemiliknya di kamar mandi umum atau tempat wudhu, mengambil harta secara paksa pada pemiliknya/ merampok, menjambret, memeras, korupsi, semua itu tidak memenuhi kriteria sariqoh yg kemudian pelakunya tidak dijatuhi hadd sariqoh betapapun harta yg diambilnya mencapai nishabnya.

. Hadd Sariqoh adalah potong tangan hingga pergelangan tangan, tangan kanan utk pencurian pada kali pertama, kaki kiri utk pencurian kali ke dua, dan tangan kiri utk pencurian di kali ke tiga, utk kali ke empat kaki kanan namun ini sangat jarang. kasus sariqoh yg harta curiannya kurang dari nishab (kurang dari seperempat dinar) hukumannya adalah ta’zir, bukan had sariqoh. dan hukumannya tidak boleh sama atau melebihi hadd sariqoh, berdasarkan hadits: “Barang siapa menjatuhkan hukuman sampai batas hadd pada perkara yg tidak sampai terkena hadd maka dia telah melampaui batas”. HR Al Baihaqi. berkembang di masyarakat kemungkaran yaitu menghukum pencuri dengan dibakar hidup-hidup, sebagaimana terjadi di Pakistan pada gambar berikut:

. kemungkaran itu berupa: 1) Tidak menerapkan hukuman yg telah ditentukan oleh Allah (meskipun hukuman yg digunakan adalah ketetapan dari Allah harus dengan titah Khalifah atau mereka yg diberi kewenangan olehnya); dan  2) menggunakan hukuman bakar. menghukum orang dengan membakarnya hidup-hidup adalah haram berdasarkan hadits: “Tidak lah pantas bagi manusia untuk menghukum sesamanya dengan adzab Allah (api).” HR Ahmad.

. dijatuhkannya hadd sariqoh jika harta yg dicuri mencapai nishab, yaitu seperempat dinar atau lebih. Dari ‘Aisyah ra, Rasulullah saw bersabda: “Dipotongnya tangan (pencuri) pd seperempat Dinar atw lebih.” [HR. Al Bukhori]. 1 Dinar (22 karat / 91,7 %) = 4,25 gram emas, Seperempat Dinar = 1,0625 gram emas. Harga 1 gram emas Rp 353.000,-. Sumber: http://logammulia.com/ (per 11 Des 2009).

. Pembuktian tindak pidana Sariqoh ada dua: Pengakuan Pelaku, dan Persaksian Dua Saksi.

Iklan

2 thoughts on “Hadd Sariqah (Pencurian)

  1. Subhanallah hukum Islam memang adil.
    Kalo sekarang kita saksikan di TV, betapa tidak adilnya hukum buatan manusia…
    Pencuri uang negara sulit dihukum dan bebas berkeliaran, tapi pencuri yang karena terdesak kebutuhan pokok malah dihukum.
    MasyaAllah…
    Smoga Khilafah segera tegak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s